Peresmian Ruangan Baru (Renovasi) Sekretariat Inspektorat Jenderal oleh Inspektur Jenderal Kementerian LHK

Jumat, 30 September 2022

#BirokratModern

Jakarta, 30 September 2022 - Itjen KLHK Akhirnya kembali beraktivitas kerja di lokasi ruangan lama yang telah direnovasi, bertempat di Lantai 10 Blok I Sekretariat Itjen KLHK namun dengan “Wajah Baru” berupa dua ruangan baru. Ruangan kantor yang direnovasi secara total ini dimulai sejak akhir Juli 2022 lalu telah selesai ditata kembali. Penggunaan ruangan kantor baru tersebut ditandai dengan peresmian oleh Inspektur Jenderal Kementerian LHK Laksmi Wijayanti bersama Sekretaris Itjen KLHK.

Acara peresmian ruangan kerja baru Sekretariat Itjen KLHK ini dihadiri oleh Inspektur Wilayah I, Inspektur Wilayah II, Inspektur Wilayah III, dan Inspektur Wilayah IV, Kepala Bagian Rencana dan Informasi Hasil Pengawasan, Kepala Bagian Umum dan Kepatuhan Internal serta para Staf lingkup Sekretariat Itjen KLHK. Dalam acara tersebut peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Inspektur Jenderal Kementerian LHK.

Sekretariat Itjen KLHK yang sebelumnnya terdiri atas empat bagian dalam struktur organisasinya yang terdiri dari Bagian Umum, Bagian Program dan Pelaporan, Bagian Analisis Laporan Hasil Pengawasan dan Bagian Pemantauan Tindak Lanjut kemudian berubah menjadi dua bagian yaitu Bagian Umum dan Kepatuhan Internal (UKI) serta Rencana dan Informasi Hasil Pengawasan (RIHP) di Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentunya membutuhkan ruang nyaman, luas dan kekinian untuk operasional dan menunjang kinerjanya dengan 5 Jabatan struktural serta jumlah pegawai yang berjumlah 223 orang. Dengan besarnya fasilitas yang diberikan tentunya harus berbanding lurus dengan pelaksanaan tanggung jawab dan kinerja yang diberikan untuk mendukung pengawasan.

Renovasi ruangan baru di lingkungan Sekretariat Itjen KLHK bertujuan untuk mengadirkan Aparatur Negara yang berintegritas serta memberi kenyamanan bagi semua pihak, Sekretariat Itjen KLHK ini juga telah dilengkapi dengan ruang sholat (musolah), ruang ibu menyusui, juga ruang rapat dan ruang command center sebagai penunjang segala aktivitas pengawai Itjen KLHK

Dalam sambutan peresmian ruangan baru ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim (Itjen Berkah), Inspektur Jenderal mengucapkan Selamat dan berpesan, “Itjen KLHK penuh harapan, dengan demikian kita langsung membentuk habit-habit bekerja yang jauh lebih baik, sehingga kita juga merubah budaya kerja kita menjadi Birokrat Modern. Dan yang saya sangat inginkan teman-teman bekerja dengan hati ikhlas, kalau kita dikantornya senang Insha Allah dirumah juga senang, sama seperti kalau kita dirumah bahagia kita kemudian bekerja dikantor menjadi iklhas. Saya tidak bisa mengontrol masing-masing Bapak/Ibu tapi Insha Allah saya berusaha supaya pekerjaan ini tidak membebani Bapak/Ibu sehingga membuat dirumah jadi tambah tidak enak. Imbuh Bu Irjen. Jadi jangan ada problem komunikasi lagi, karena atmosfernya itu sudah dibikin nyaman.”

“Inspektur Jenderal pun berpesan untuk ditambah banyak papan tulis/white board didekat tempat kerja para pegawai, ada semacam workflow commands untuk saling berkomunikasi dalam bekerja. Baik secara grup/berkelompok  dan tetap dapat update terhadap informasi yang ada, bisa dengan cara ditempel dipapan pengumuman. Diberikan suatu ruang untuk encourage berpikir dalam kelompok, seperti Community Center kata Sekitjen menambahan. Terakhir Bu Irjen berpesan untuk tetap menerapkan eco-office.”

[Penulis : R-Putra | Editor : Amrie]

 


BAGIKAN

BERI KOMENTAR