Benchmarking Tim Media Sosial di Balai Besar Taman Nasioal Bromo Tengger Semeru

Jumat, 18 Juni 2021

#BerbagiInformasiBerbagiPengetahuan

Malang, Disela-sela Kegiatan Peliputan pendampingan tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan dan tugas pokok dan fungsi Tahun 2021, Tim media sosial Inspektorat Jenderal menyempatkan benchmarking dengan tim pengelola media sosial Instagram Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS). 

Disambut hangat tim pengelola Instagram BBTNBTS Endrip dan Poppy, tim pengelola situs web dan media sosial Itjen merajut silahturahmi. Dalam suasana yang penuh keakraban dan saling bertukar pikiran tersebut, kita juga saling mendapatkan manfaat dengan berbagi informasi.
Banyak hal yang didiskusikan, antara lain bagaimana mengembangkan media sosial, bagiamana kelebihan dan kendala apa saja yang dihadapi dalam mengelola media sosial masing-masing. Intinya adalah membandingkan kondisi pengelolaan media sosial, baik dalam proses mengumpulkan dan mengelola data serta informasi yang baik sebagai acuan setiap admin pengelola media sosial. Diharapkan nantinya dapat menjadi referensi untuk membangun media sosial menjadi lebih baik.

Akun Instagram yang diprakarsai oleh Endrip sejak 2016 ini, berawal saat dirinya melihat peluang media sosial Instagram yang dapat mempromosikan aktivitas sekaligus kinerja Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Berdasarkan data Traffic Analysis Instagram, akun Instagram BBTNBTS merupakan salah satu yang memiliki traffic tertinggi diantara akun Instagram lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karna aktif memposting kegiatannya. Selaras dengan itu berdampak juga pada meningkatnya jumlah follower akun Instagram BBTNBTS. Banjir komentar pun tak terhindarkan di Instagram BBTNBTS, hal ini menjadi sedikit kendala bagi admin dalam menanggapi setiap komentar di salah satu akun Instagram destinasi wisata favorit Indonesia ini.

Kegiatan yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan ini diharapkan kedepannya dapat meningkatan mutu, perbaikan sistem pengelola media sosial dan kebijakan dukungan dari menajemen.
Tanpa komitmen dan dukungan pimpinan media sosial tidak akan bisa maju. 
Walau berlangsung dalam waktu pertemuan yang relatif singkat. Tim pengelola media sosial tentunya diharapkan tetap dapat saling bekerja sama lebih baik lagi kedepannya.

 (Seto/Romi/Ninik)


BAGIKAN

BERI KOMENTAR