Itjen Tingkatkan Nilai Tambah & Lindungi Aset
Rommy/itjen.menlhk.go.id
Inspektur Jenderal KLHK, Bapak Ilyas Asaad
Itjen Tingkatkan Nilai Tambah & Lindungi Aset

Kamis, 31 Januari 2019


Jakarta, ITJEN - Sambutan Inspektur Jenderal KLHK Bapak Ilyas Asaad dalam Rapat Koordinasi Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Audit Inspektorat Wilayah I (31/01/2019).

Kebijakan Pengawasan Itjen 2019 selaku APIP merupakan unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan tata-kelola yang baik mengarah pada pemerintahan/birokrasi yang bersih. 

Peran APIP sebagai pendamping:

  1. Pemberi Assurance
  2. Penggiat Anti Korupsi
  3. Penyedia Jasa Konsultansi

Misi pengawasan intern oleh Itjen KLHK adalah meningkatkan nilai tambah dan melindungi aset untuk mencapai tujuan KLHK dengan memberikan keyakinan yg memadai atas kehematan, efisiensi, efektivitas dan ketaatan dalam pencapaian tugas dan fungsi KLHK serta memberikan rekomendasi dalam rangka peningkatan efektivitas penyelenggaraan SPIP dan proses tata-kelola di KLHK.

Pemantauan Tindak Lanjut adalah pelaksanaan Standar Audit. PTL pada dasarnya untuk melakukan pemantauan atas  tindakan perbaikan yang semestinya telah dilakukan.

Manfaat audit intern tidak hanya terletak pada banyaknya fakta/kelemahan yang ditemukan, namun juga pada elektabilitas tindak lanjut rekomendasinya.

Pemantauan tindak lanjut bertujuan untuk memastikan bahwa tindakan yang telah dilaksanakan oleh auditi sesuai rekomendasi.

Rekomendasi yang tidak ditintaklanjuti dapat menjadi indikasi lemahnya pengendalian auditi dalam mengelola sumber daya.

Jika auditor menemukan temuan berulang, maka yang demikian harus menjadi pertimbangan Auditor dalam membuat simpulan atau pendapat atas audit yang sedang dilaksanakan.

Jika ada rekomendasi yang belum ditindaklanjuti, auditor harus memperoleh alasan cukup, dan auditor wajib mempertimbangkan kejadian tersebut dalam rencana penugasan audit berikutnya.

Rommy/itjen.menlhk.go.id




TAGGING :



Salin Tautan :




test ilyas asaad,itjen klhk

LAINNYA
KICK OFF MEETING PENILAIAN MANDIRI MATURITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERINTEGRASI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN TAHUN ANGGARAN 2024

Kategori :

Jakarta, 8 Mei 2024 -- Hari ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan acara kick off meeting untuk penilaian mandiri maturitas sistem pengendalian intern...


“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


id_folder : -----n