Itjen KLHK Belajar ke Kementerian Keuangan
Itjen KLHK
Itjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengunjungi Itjen Kementerian Keuangan, Selasa (21/1/2020)
Itjen KLHK Belajar ke Kementerian Keuangan

Rabu, 22 Januari 2020


Jakarta, Itjen -- Perkembangan teknologi yang pesat menuntut seluruh elemen pemerintah untuk bertansformasi. Auditor internal dalam perannya menjaga instansi dari berbagai risiko juga perlu ikut bergerak cepat mengikuti perkembangan dan perubahan budaya kerja instansi yang diawasinya.

Karena itu, Itjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengunjungi Itjen Kementerian Keuangan, Selasa (21/1/2020). Kunjungan kerja ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terkait implementasi sistem informasi dan data analytic di Itjen Kemenkeu. Dalam kunjungannya, Irjen KLHK, Laksmi Wijayanti didampingi Sekretaris Itjen, Inspektur Wilayah 1, 2 dan 4 serta beberapa pejabat lainnya.

Irjen KLHK, Laksmi Wijayanti mengatakan, tantangan meningkatkan kepercayaan publik pada KLHK menuntut Itjen untuk menjaga dan mendeteksi persoalan-persoalan yang berulang. “Karenanya kami senang sekali jika bisa belajar bagaimana Itjen mendeteksi risiko-risiko yang dihadapi,” ujarnya.

Pembangunan infrastuktur TI yang masif menjadikan Itjen Kemenkeu bergerak lebih cepat agar tetap relevan terhadap perkembangan. Urgensi perubahan tersebut membawa Itjen Kemenkeu membangun sistem manajemen audit pada tahun 2012 yaitu TeamMate. Saat ini, Itjen Kemenkeu sedang fokus mengembangkan data analytics untuk pengawasan intern yang lebih tepat guna dan sesuai prediksi.

Irjen Kemenkeu, Sumiyati menyebut, pada prinsipnya sarana prasarana untuk pengembangangan data analytics disiapkan, sumber daya manusia dilatih, budaya dan suasana kerja dibangun. Itjen Kemenkeu juga telah membangun war room sebagai fasilitas analisis data para auditor Itjen. Itjen juga telah membuat timeline dan change management pengembangan data analytics dalam jangka waktu 5 tahun. 

“Fokus Itjen sekarang adalah tata kelola data. Sumber data di Kemenkeu sudah banyak sekali. Saat ini, pertukaran informasi melalui satu sistem layanan data Kemenkeu, agar terkontrol. Kita ingin mewujudkan suatu pengelolaan data yang baik,” ujar Kabag Sistem Informasi Pengawasan, Yudhy Haryantho.

Pada kunjungan kerja ini, Itjen KLHK juga ditunjukkan beberapa data pengawasan di war room seperti progress proyek pengawasan per inspektorat, progress rekomendasi itjen dalam beberapa tahun, jenis proyek pengawasan, dan klasifikasi umur rekomendasi yang belum tuntas per inspektorat.




TAGGING :



Salin Tautan :




test itjen klhk,auditor

LAINNYA
KICK OFF MEETING PENILAIAN MANDIRI MATURITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERINTEGRASI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN TAHUN ANGGARAN 2024

Kategori :

Jakarta, 8 Mei 2024 -- Hari ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan acara kick off meeting untuk penilaian mandiri maturitas sistem pengendalian intern...


“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


id_folder : -----n