Itjen KLHK bekerjasama dengan DWP UP Itjen KLHK Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Flyer
Itjen KLHK bekerjasama dengan DWP UP Itjen KLHK Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Flyer

Kamis, 13 Oktober 2022


Dharma Wanita Persatuan (DWP) Itjen KLHK menyelenggarakan pelatihan design grafis menggunakan aplikasi Canva secara hybrid dengan pemateri Simon Onggo E H (@bocahsawah) dari Biro Hubungan Masyarakat Kementerian LHK, Kamis (13/10/2022).

Acara yang dibuka oleh Bapak Noer Adi Wardojo Sekretaris Inspektorat Jenderal KLHK, menyapa langsung para #BestieDWP dan #Itjeners di acara “In House Training: Pembuatan Flyer Sederhana Melalui Handphone.” Sekretaris Itjen KLHK menyambut dengan bahagia seluruh pengurus dan anggota DWP di pusat maupun UPT di seluruh Indonesia kegiatan ini juga diikuti oleh pegawai lingkup Kementerian LHK.

“Kali ini edisi khusus, Kita memberikan misi edukasi, pembinaan kompetensi tidak hanya kepada staf Kementerian LHK tetapi juga kepada Dharma Wanita. Kompetensi kali ini adalah kegiatan pembutan flyer, flyer yang kekinian. Jadi ini sebetulanya inisiatif dan request khusus dari DWP Itjen kepada kami (Sekretariat Itjen KLHK) untuk memperoleh pembekalan, pembinaan untuk belajar pembuatan flyer. Sekretariat Itjen KLHK memfasilitasi pembinaan kapasitas yang berguna untuk mendukung kegiatan DWP maupun UPT-UPT dan juga bermanfaat buat Bapak/Ibu sekalian yang punya kegiatan dan berkiprah dikegiatan sosial kemasyarakatan.” Ungkap Sekretaris Jenderal KLHK dalam sambutannya.

Ketua DWP Itjen KLHK Ibu SPM Budisusanti Noer Adi W dalam sambutannya, menyapa #BestieDWP - sebutan untuk follower DWP Itjen KLHK berharap “Dengan mengikuti in house traning pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Canva ini #BestieDWP dan Ibu-ibu anggota DWP (The best DWP KLHK) dapat membuat sendiri flyer yang digunakan sebagai media promosi dan publikasi elektronik maupun kegiatan lainnya. Bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua, tidak hanya untuk pelaksanaan pekerjaan di kantor dan Pengurus DWP diseluruh penjuru Indonesia tetapi juga untuk kita sebagai manusia publik. Suka tidak suka dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini, untuk bisa eksis kita harus mengikuti perkembangan-perkembangan itu, hal ini sejalan tentunya dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah G20."

SPM Budisusanti Noer Adi W melanjutkan "Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 memiliki 3 isu prioritas. Tiga isu prioritas itu adalah Global Health Architecture, Digital Based Economic Transformation and Energy Transformation to Recover Together Recover Stronger. Point yang kedua tadi, yaitu Digital Based Tranformation, kita akui bersama secara global bahwa digitalisasi informasi sudah marak menjadi basis kegiatan sosial maupun ekonomi. Pendek kata, Kalau mau eksis, ya kita harus bisa mengikuti perkembangan digitalisasi, untuk itu kita mengadakan in house training secara webinar ini, bahkan sekarang dengan transformasi digitalisasi ekonomi kita semua tahu, banyak yang mendapatkan penghasilan dengan eksis membangun konten-konten yang posistif. Nah, dengan kegiatan ini harapannya tentu saja dapat dimanfaatkan secara positif untuk mendukung pekerjaan maupun juga mendukung eksistensi Bapak/Ibu, di dalam tentu saja menebarkan silahturahim kekeluargaan, kebersamaan sebagaimana arahan Ibu Irjen untuk keterbukaan dan saling mendorong menyebarkan kebaikan. #Itjeners tentu saja kita tetap dapat konsisten Bersih Melayani Memberi Solusi, pun demikian kita memberikan sosialisasi dan kampanye-kampenye yang terkait dengan apa yang menjadi isu-isu dari instasi kita bersama #BestieDWP, sehingga menghasilkan lingkungan hidup yang bersih, hijau dan tentu saja sehat dan bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin”

 

Pelatihan ini diikuti oleh anggota DWP lingkup KLHK dan masyarakat umum baik dari pegawai swasta hingga ibu-ibu rumah tangga se-indonesia. Sampai dengan pelaksanannya terpantau sebanyak 234 yang mendaftarkan diri, kegiatan tersebut diikuti melalui zoom dan youtube dengan total sebnyak 335 peserta.

Pada sesi teori dan Pratik In House Training Pembuatan Flyer Sederhana Melalui Handphone yang dibimbing langsung oleh Simon Onggo peserta diwajibkan menginstal Aplikasi Canva yang tersedia dalam beberapa versi, yaitu pada versi web, versi play Store untuk pengguna Smartphone Android dan juga dapat diunduh melalui App Store untuk pengguna IPhone.

Canva adalah salah satu tools desain grafis, dengan tools ini ibu-ibu dapat membuat Flyer Promosi, poster, logo, invitation, infografik. Pada dasarnya penggunakan aplikasi canva ini dapat mudah dipahami dan diterapkan karana Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online.

Flyer yang bagus itu adalah desain yang sesuai dengan tujuannya, pesannya nyampai karena dunia desain grafis saat ini semakin familiar diisuguhi visual-visual yang menarik” -Simon Onggo.

Beberapa tips dan trik yang bisa dipakai seperti pemilihan huruf (Less is more), kecocokan tema dan warna serta konsep desain. Prinsip desain anatara lain yaitu penekanan,  keseimbangan, kesatuan dan latihan, karena seperti yang disampaikan Graphic Designer Rio Pubra ”Sebagus-bagusnya desain pasti ada yang tidak suka. Sejelek-jeleknya desain pasti ada yang suka. Jadi Jangan Pernah takut berkarya.” Catatan Penting dalam kegiatan ini adalah “Mendesain Itu Seru” demikian yang disampaikan oleh ibu Desi Harsanti Pinuji dalam penutupan acara pembuatan Flyer di ruang Command Center Itjen KLHK.

*Pelaksanaan kegiatan dapat disaksikan pada kanal YouTube Itjen melaui tautan berikut ini : https://youtu.be/MYg0ZkIMpSs

[Penulis : R-Putra]





Salin Tautan :




test

LAINNYA
“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


Aksi Bersih Negeri di Pulau Kemaro

Kategori :

Palembang – Ratusan masyarakat yang merupakan perwakilan beberapa kalangan mengikuti aksi bersih-bersih serentak dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 202...


id_folder : -----n