Inspektur Wilayah I Bina Pimpinan Satker UPT KLHK Sumut
ksdae.menlhk.go.id
Inspektur Wilayah I, Inspektorat Jenderal Kementerian LHK, Ir. Irmansyah Rachman, berkenan menyambangi Sumatera Utara, Kamis (7/11/2019)
Inspektur Wilayah I Bina Pimpinan Satker UPT KLHK Sumut

Selasa, 12 November 2019


Medan, Itjen -- Inspektur Wilayah I, Inspektorat Jenderal Kementerian LHK, Ir. Irmansyah Rachman, berkenan menyambangi Sumatera Utara, Kamis (7/11/2019). Tujuannya untuk melakukan pembinaan kepada pimpinan satker lingkup UPT Kementerian LHK yang ada di Sumatera Utara. Kegiatan  ini dilaksanakan di ruang rapat Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL).

Dalam arahannya, Inspektur menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi Inspektorat Wilayah I, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri LHK No. P.18 Tahun 2015, adalah melakukan pengawasan khusus terhadap UPT di lingkup Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) dan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan, termasuk juga UPT satker lainnya yang ada di wilayah Sumatera.

“Pengawasan yang dimaksudkan adalah melakukan penguatan kepada masing-masing satker serta mengawal kegiatan-kegiatan satker agar apa yang menjadi tujuan organisasi dapat tercapai,” ujar Inspektur.

Inspektur juga mengingatkan para Kepala Satker agar terus melakukan perubahan-perubahan sehingga satker yang dipimpinnya semakin hari semakin baik. Keberhasilan satker turut ditentukan sejauh mana Kepala-kepala Satker mampu mengendalikan dan melakukan pengawasan secara internal dengan baik. Oleh karena itu penguatan peran dan fungsi SPIP (Satuan Pengendalian Intern Pemerintah) menjadi syarat mutlak," ujar Ir. Irmansyah.

Koordinator Wilayah (Korwil) UPT lingkup Kementerian LHK Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Balai Besar TNGL, Ir. Jefry Susyafrianto,M.M., menyambut baik dilaksanakannya kegiatan pembinaan oleh Inspektur Wilayah I, karena sebagai pimpinan UPT merasa sangat memerlukan adanya pendampingan dan pembinaan secara rutin dari Inspektorat sehingga nantinya segala program yang disusun dan direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan pembinaan ini dihadiri Kepala-kepala UPT maupun perwakilannya lingkup Kementerian LHK Sumatera Utara. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang sedang melaksanakan tugas kedinasan diwakili (Plh) Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Suyono, SH., didampingi Plh. Kepala Bagian Tata Usaha, Imelda Kamayanti Harahap, SH., Kepala Sub Bagian Umum.

Di bagian akhir acara, Kepala Balai Besar TNGL selaku moderator menyampaikan beberapa kesimpulan dari hasil pembinaan, diantaranya, pertama, perkembangan dan situasi saat ini sangat cepat dan mudah terutama dalam penyampaian dan penyebaran informasi. Untuk itu kepada seluruh peserta pembinaan diharapkan tanggap dan berhati-hati serta perlu membangun sikap profesionalisme.

Kedua, Inspektorat Wilayah I ingin mewujudkan dan meningkatkan perannya sebagai Strategic Partner bagi satker-satker yang ada di wilayah Sumatera. Ketiga, Kepala-kepala UPT merasa bahwa pelaksanaan SPIP di masing-masing satker saat ini masih belum berjalan dengan baik. Oleh karena itu diharapkan adanya pendampingan dan pembinaan secara rutin dari Inspektorat Wilayah I. Dan terakhir, keempat, komitmen bersama seluruh satker untuk berperan serta dalam meningkatkan Maturitas SPIP dari level 3 ke level 4.




TAGGING :



Salin Tautan :




test itjen klhk

LAINNYA
KICK OFF MEETING PENILAIAN MANDIRI MATURITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERINTEGRASI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN TAHUN ANGGARAN 2024

Kategori :

Jakarta, 8 Mei 2024 -- Hari ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan acara kick off meeting untuk penilaian mandiri maturitas sistem pengendalian intern...


“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


id_folder : -----n