Penggunaan Modul Aplikasi CMS dan Teknologi Sematic Web Pada Artikel
Penggunaan Modul Aplikasi CMS dan Teknologi Sematic Web Pada Artikel

Jumat, 4 Juni 2021


Bandung, Pelatihan penggunaan modul CMS Situs Web Itjen KLHK merupakan agenda lama yang terwujud.
Diinisiasi oleh Tim Pengelola Situs Web Media Soial Itjen dan PT. Idealog sebagai pihak penyelenggara sesuai dengan kontrak pengembangan Situs Web Itjen KLHK. 

Kegiatan ini dirasa sangat penting untuk menunjang kemampuan setiap personal admin Tim Pengelola Situs Web dalam pengisian konten berita maupun artikel disetiap kegiatan lingkup intern Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun saat berada di lapangan meliput kegiatan terkait aktivitas pengawasan Itjen KLHK.

Selain pelatihan modul CMS admin, pihak PT. Idealog juga memaparkan pentingnya tekonologi semantic artikel serta memberi masukkan cara membuat konten situs web yang baik dan informatif agar pelancong website dapat tertarik membaca konten yang ada.

Selang satu hari berikutnya, tepatnya Jumat (04/06/2021) menggandeng Direktur Edukasi - Deputi Riset, Pengembangan & Edukasi Indonesia Creative Cities Network sebagai fasilitator dalam pelatihan kepenulisan bagi admin situs web di Gedung PT. Idelog, Kota bandung, Jawa Barat. 
Dalam pelatihan kali ini Islaminur Pempasa M.Si memberikan materi tentang manfaat penulisan artikel pengawasan berbasis smantic web kepada kurang lebih 4 admin situs web Itjen KLHK, dimana materi yang diberikan oleh Chief Executive Officer PT. IDEALOG ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Pak IP sapaan akrabnya memberikan materi tersebut karena artikel pengawasan berbasis smantic bisa mempromosikan karya tulis yang lebih luas lagi sekaligus mengetahui jumlah cangkupan pembaca setiap artikel tersebut.

Semantic Web secara umum dapat diartikan sebagai informasi dalam jumlah sangat besar di World Wide Web yang terhubung secara global dengan suatu cara tertentu dan dimengerti / 
dipahami oleh mesin, sehingga dapat diproses secara langsung oleh mesin menjadi knowledge untuk ditampilkan kepada user. Dengan metode Semantic Web, data berbasis HTML dapat diubah menjadi format yang dapat dipahami oleh mesin, sehingga mesin dapat melakukan proses pengumpulan informasi dan memahami hubungan antara informasi.
Artikel pengawasan berbasis smantic ditulis dengan menggunakan metode berbasis audit maupun ilmiah, dalam pembuatan artikel atau berita harus menggunakan data informasi yang akurat.


BACA JUGA:

BRAINSTORMING TIM PENGELOLA SITUS WEB DAN MEDIA SOSIAL DI BANDUNG


“Jika setiap berita atau artikel yang dimuat dalam situs web Itjen KLHK mengaitkan dengan karya auditor, maka kita sudah membuat artikel pengawasan berbasis semantic web sekaligus mempromosikan artikel karya auditor terkait,” jelas Islami nur pempasa. 
Dengan penerapan artikel pengawasan berbasis smantic web pengunjung situs web Itjen KLHK bisa menikmati artikel pengawasan yang kadarnya tidak terlalu rumit dengan bahasa yang tinggi namun tetap berbobot.

Selain menjelaskan penulisan artikel pengawasan berbasis semantic web, dalam pertemuan kali ini Islaminir yang juga menjabat sebagai 
Consultant & Trainer Business and strategic communication PT. Idelog ini juga menyinggung sedikit terkait lead atau kepala berita. Dimana, tugas kita selain membuat tulisan yang menarik dan berbobot, tugas awal kita adalah menentukan kepala berita yang akan kita publikasikan. Apakah sudah menarik minat baca seseorang terhadap tulisan kita atau belum. Sejatinya, kalau kepala berita tidak kuat atau menarik, orang tidak akan tertarik untuk membacanya. 

Kegiatan pelatihan ini dimotori langsung oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat Itjen KLHK, dihadiri oleh Kepala Kasubbag Data dan Pelaporan, dan admin tim pengelola situs web dan media sosial Itjen KLHK.

[Penulis : Romi ]





Salin Tautan :




test

LAINNYA
“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


Aksi Bersih Negeri di Pulau Kemaro

Kategori :

Palembang – Ratusan masyarakat yang merupakan perwakilan beberapa kalangan mengikuti aksi bersih-bersih serentak dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 202...


id_folder : -----n