Modul CMS dan Pengelolaan Situs Web Itjen Kementerian LHK

Jumat, 10 Desember 2021

BANDUNG - Dalam pengaplikasian Modul CMS Islaminur Pempasa selaku Chief Executive Officer PT. Idealog merefresh kembali penggunaan Content Managemen System atau yang lebih dikenal dengan sebutan CMS yang ada pada situs web Itjen Kementarian LHK.

Dalam terminologi web secara lebih spesifik, CMS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memanage material web yang merupakan konten dari sebuah website. Dengan CMS, seorang user dapat mengontrol, meng-audit, meng-upload, menyimpan, mengategori, dan pada akhirnya mempublish data seperti teks (artikel), gambar sampai dengan multimedia sesuai time line yang diinginkan. Di dalam sistem manajemen konten juga memiliki dua elemen dengan masing – masing fungsi yang berbeda, pertama adalah CDA (Content Delivery Application) yang digunakan untuk meng –update konten. Kedua adalah CMA (Content Management Application) yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengatur konten yang ingin anda buat.

Fungsi utama CMS adalah untuk dapat mengelola dan mengembangkan konten secara lebih fleksibel, mudah, dan cepat. Sebagai sebuah platform, CMS juga memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai konten yang dimuat dalam situs web tersebut. Kemudahan dalam sistem pengelolaan konten ini meliputi proses penyortiran artikel atau berita yang lebih mudah dan cepat, struktur layout sendiri telah disediakan secara default oleh CMS. CMS juga mampu untuk menjaga kualitas dari desain dan tampilan. Hal yang sangat diperhatikan agar setiap pengunjung situs web mendapatkan pengalaman dari sisi tampilan dan penggunaannya. Fungsi dari desain website agar tampilan lebih menarik, interaktif, dan tidak membuat pembaca merasa bosan ketika membaca konten artikel. Fungsi CMS terakhir adalah memiliki fitur untuk hak akses sebagai administrator yang mengatur proses pengelolaan dan manajemen konten dalam situs web. 

Itjen Kementerian LHK dalam pengaplikasian CMS atau juga sering disebut halaman admin, memungkinkan untuk masuk baik sebagai administrator, editor maupun reporter dan melakukan perubahan data/tulisan dalam situs web Itjen Kementerian LHK. Ketika seseorang melakukan LOGIN pada menu CMS, link menu terdiri dari: LIST+, PENCARIAN, ENTRY, FOTO, SLIDE HOMEPAGE, E-BULWAS PDF, USER dan LOGOUT. Dalam CMS pada Entry Tulisan befungsi sebagai tempat pengisian semua tulisan yang terbagi dalam beberapa kelompok/format. Pada form Entry Tulisan terdapat beberapa kotak input antara lain: Judul | H1, Sub Judul | H2, Konten Naskah, Kata Kunci, Tanggal Jam, Format, Sub Format, Foto, Fotografer, Caption, Infografis, PDF, ID Youtube, dan Publish. Klik tombol SIMPAN jika tulisan telah selesai diperiksa sesuai dengan kotak-kotak inputnya. Thumbnail-thumbnail pada Foto, Infografis dan Video akan muncul sesuai dengan yang diisikan. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Islaminur Pempasa pada evaluasi pengaplikasian Modol CMS Situs web Itjen KLHK.



BAGIKAN

BERI KOMENTAR