Modul CMS dan Pengelolaan Situs Web Itjen Kementerian LHK
Modul CMS dan Pengelolaan Situs Web Itjen Kementerian LHK

Jumat, 10 Desember 2021


BANDUNG - Dalam pengaplikasian Modul CMS Islaminur Pempasa selaku Chief Executive Officer PT. Idealog merefresh kembali penggunaan Content Managemen System atau yang lebih dikenal dengan sebutan CMS yang ada pada situs web Itjen Kementarian LHK.

Dalam terminologi web secara lebih spesifik, CMS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memanage material web yang merupakan konten dari sebuah website. Dengan CMS, seorang user dapat mengontrol, meng-audit, meng-upload, menyimpan, mengategori, dan pada akhirnya mempublish data seperti teks (artikel), gambar sampai dengan multimedia sesuai time line yang diinginkan. Di dalam sistem manajemen konten juga memiliki dua elemen dengan masing – masing fungsi yang berbeda, pertama adalah CDA (Content Delivery Application) yang digunakan untuk meng –update konten. Kedua adalah CMA (Content Management Application) yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengatur konten yang ingin anda buat.

Fungsi utama CMS adalah untuk dapat mengelola dan mengembangkan konten secara lebih fleksibel, mudah, dan cepat. Sebagai sebuah platform, CMS juga memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai konten yang dimuat dalam situs web tersebut. Kemudahan dalam sistem pengelolaan konten ini meliputi proses penyortiran artikel atau berita yang lebih mudah dan cepat, struktur layout sendiri telah disediakan secara default oleh CMS. CMS juga mampu untuk menjaga kualitas dari desain dan tampilan. Hal yang sangat diperhatikan agar setiap pengunjung situs web mendapatkan pengalaman dari sisi tampilan dan penggunaannya. Fungsi dari desain website agar tampilan lebih menarik, interaktif, dan tidak membuat pembaca merasa bosan ketika membaca konten artikel. Fungsi CMS terakhir adalah memiliki fitur untuk hak akses sebagai administrator yang mengatur proses pengelolaan dan manajemen konten dalam situs web. 

Itjen Kementerian LHK dalam pengaplikasian CMS atau juga sering disebut halaman admin, memungkinkan untuk masuk baik sebagai administrator, editor maupun reporter dan melakukan perubahan data/tulisan dalam situs web Itjen Kementerian LHK. Ketika seseorang melakukan LOGIN pada menu CMS, link menu terdiri dari: LIST+, PENCARIAN, ENTRY, FOTO, SLIDE HOMEPAGE, E-BULWAS PDF, USER dan LOGOUT. Dalam CMS pada Entry Tulisan befungsi sebagai tempat pengisian semua tulisan yang terbagi dalam beberapa kelompok/format. Pada form Entry Tulisan terdapat beberapa kotak input antara lain: Judul | H1, Sub Judul | H2, Konten Naskah, Kata Kunci, Tanggal Jam, Format, Sub Format, Foto, Fotografer, Caption, Infografis, PDF, ID Youtube, dan Publish. Klik tombol SIMPAN jika tulisan telah selesai diperiksa sesuai dengan kotak-kotak inputnya. Thumbnail-thumbnail pada Foto, Infografis dan Video akan muncul sesuai dengan yang diisikan. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Islaminur Pempasa pada evaluasi pengaplikasian Modol CMS Situs web Itjen KLHK.

 

Dalam hal Pengelolaan Situs Web Inspektorat Jenderal Kementerian LHK Joko Yunianto selaku Editor Tim Pengelola Situs Web kedepannya ingin berfokus pada pengisian konten berita, Penetrasi seni visual tampak telah memasuki hampir segala bidang kehidupan. Begitupun dengan penampilan informasi yang dedesain dengan berbagai pemolesan visual grafis agar saat proses penyampaian atau presentasi, publik akan tertarik memperhatikannya.

Informasi grafis atau Infografis adalah penggambaran suatu informasi, data atau pengetahuan secara visual yang dimaksudkan untuk menyajikan informasi yang kompleks dengan cepat dan jelas. Infografis merupakan representasi secara visual yang berisi informasi, data dan pengetahuan. Infografis dapat meningkatkan kognisi dengan memanfaatkan grafis untuk meningkatkan kemampuan sistem visual manusia untuk melihat pola dan tren. Proses menciptakan Infografis dapat disebut sebagai visualisasi data, desain informasi, atau arsitektur informasi.

Maraknya konten informasi pada Youtube dan demam Infografis tidak terelakkan lagi dewasa ini, perpaduan animasi, gambar kreatif dan musik menjadi sarana yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Maka, optimalisasi kanal Youtube Itjen KLHK yang kini telah memiliki 103 subscribers menjadi sebuah keharusan untuk dapat membangun sebuah interaksi positif dalam memahami pesan yang ingin disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

[Penulis : Romi ]





Salin Tautan :




test

LAINNYA
“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


Aksi Bersih Negeri di Pulau Kemaro

Kategori :

Palembang – Ratusan masyarakat yang merupakan perwakilan beberapa kalangan mengikuti aksi bersih-bersih serentak dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 202...


id_folder : -----n