Interaksi Baru Inspektorat Jenderal dengan Masyarakat
Interaksi Baru Inspektorat Jenderal dengan Masyarakat

Jumat, 9 April 2021


Perkembangan media sosial di era saat ini sangat berkembang pesat. Media sosial sangat berperan dalam penyebaran informasi bagi masyarakat luas. Hal ini menjadi sangat menarik bagi Inspektorat Jenderal KLHK untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana membagikan informasi atas kegiata-kegiatan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal KLHK.

Media sosial memungkinkan untuk menjadi wadah berinteraksi antara Inspektorat Jenderal KLHK dengan masyarakat. Untuk menginformasi kebijakan-kebjakan, peraturan-peraturan, tempat berbagi ide maupun memberikan informasi penting secara cepat. Melalui website Inspektorat Jenderal KLHK www.itjen.menlhk.go.id ataupun media sosial lainnya seperti facebook, twitter dan Instagram resmi Inspektorat Jenderal KLHK.

Seperti halnya kegiatan yang baru dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal KLHK yang dibagikan dalam Instagram resmi Itjen KLHK @itjenklhk secara Live Instagram, yaitu kegiatan evaluasi pengelolaan BMN di Gorotalo, juga kegiatan Ground Check sebagai tindak lanjut dari E-Audit Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Pulau Papagarang, NTT. Ini menjadi pengalaman yang menarik bagi tim Inspektorat Jenderal KLHK untuk membagikan secara real time kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Berbagai macam kendala juga medan yang tak mudah ditempuh menjadi pengalaman yang menarik untuk diceritakan. Tak jarang tim juga harus berjibaku dengan cuaca yang esktrim atau dengan jalanan yang terjal untuk dilalui. Dari menempuh perjalanan darat hingga menyeberang antar pulau dengan kapal, dari berkendara dengan nyaman hinga harus naik motor atau bahkan jalan kaki untuk sampai di titik lokasi. Semua ini merupakan tantang tersendiri yang harus dilalui oleh tim Inspektorat Jenderal KLHK untuk melakukan pengawasan ke lokasi.

Selain lokasi yang terkadang sulit untuk ditempuh, kendala jaringan sinyal komunikasi juga menjadi risiko yang dihadapi tim untuk dapat berbagi laporan secara live. Seperti halnya kegiatan evaluasi pengelolaan BMN yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal KLHK di Ternate yang terkendala sinyal sehingga tidak bisa melaporkan secara langsung kegiatan tersebut.

Inspektorat Jenderal KLHK membuka luas ruang publik melalui pemafaatan media sosial berupa facebook, twitter, instagram dan kanal youtube untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Inspektorat Jenderal KLHK.

(Cahaya/NN Wijayanti*)





Salin Tautan :




test

LAINNYA
“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


Aksi Bersih Negeri di Pulau Kemaro

Kategori :

Palembang – Ratusan masyarakat yang merupakan perwakilan beberapa kalangan mengikuti aksi bersih-bersih serentak dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 202...


id_folder : -----n