Entry Meeting Audit Kinerja Tahun 2020 dan 2021 Satuan Kerja Lingkup Provinsi Bali
Entry Meeting Audit Kinerja Tahun 2020 dan 2021 Satuan Kerja Lingkup Provinsi Bali

Jumat, 28 Mei 2021


Denpasar, 28/05/2001 – Inspektorat Wilayah II Inspektorat Jenderal KLHK akan melakukan audit kinerja pada Satuan Kerja (Satker) KLHK Provinsi Bali, kegiatan dimulai dengan entry meeting yang dipimpin langsung oleh Inspektur Wilayah II, Ir. Sumarto, MM dan dihadiri oleh seluruh Satker KLHK Provinsi Bali.

Dalam paparannya Inspektur Wilayah II menyampaikan arahan Presiden RI dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 yaitu:

  1. BPKP dan APIP diharapkan mampu mengawal dan  memberikan solusi yang tepat bagi K/L untuk merealisasikan dan mempercepat belanja pemerintah.
  2.  Pengawalan BPKP dan APIP terhadap perencanaan program harus dilakukan sejak awal sehingga program yang direncanakan memiliki tolok ukur keberhasilan yang jelas dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. BPKP dan APIP untuk memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas data yang dikelola oleh pemerintah  (Integrasi dan sinkronisasi basis data antarprogram).

Selain hal tersebut Presiden juga menyampaikan pesan kepada Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) agar seluruh jajaran APIP untuk  membantu mencapai tujuan pembangunan pemerintah, bukan menakut-nakuti dan mencari-cari kesalahan serta harus bertindak dan mengawasi sebelum terjadi sebuah kesalahan. APIP juga diminta untuk mengawaal percepatan belanja pemerintah, kualitas perencanaan, dan meningkatkan kualitas akurasi data.

 

 

Terkait dengan arahan Presiden tersebut, Inspektur Wilayah II menjelaskan bahwa Itjen KLHK sudah dan sedang melakukan arahan dimaksud (on the track). Itjen KLHK sedang melakukan pembangunan Command Room yaitu ruang operasi data analitic untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data dari berbagai sumber agar dapat membantu pengambilan keputusan dari perspektif pengawasan intern. Selain itu Itjen KLHK juga sudah melakukan pengawalan terhadap kualitas belanja KLHK melalui Reviu Pengelolaan Anggaran yang dilakukan secara berkala.


BACA JUGA:

Menteri LHK Siti Nurbaya Dianugerahi Bintang Mahaputra Adiipradana


Inspektorat Wilayah II menurunkan 5 (lima) tim audit kinerja yang akan masuk pada BKSDA Bali, BPSKL Jawa Bali Nusa Tenggara, BTN Bali Barat, BPKH WILAYAH VIII, dan BPPHP WLAYAH VII Denpasar. Fokus khusus audit kinerja ini akan menyoroti hal-hal terkait Tugas dan Fungsi (TUSI) dan DIPA, sinergisitas Satker KLHK (holistik, integratif, tematik, spasial - HITS), mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian. Selain itu juga hal-hal terkait Perizinan, Binwas, PNBP, Wisata Alam, Sapta Pesona, dan 3 M (Melihat, Mendapatkan informasi dan Melakukan Konservasi).

 

Inspektur Wilayah II juga mengingatkan agar para auditor dan Satker selalu menerapkan protokol kesehatan yang mana uditor jangan berlama-lama di kantor Satker yaitu maksimal 3 jam dan selanjutnya mengerjakan tugas audit kinerja di Hotel.

Selain tugas audit kinerja, para auditor selalu terbuka dan senang untuk diajak berkosultasi terkait masalah-masalah yang dihadapi. Diharapkan para Satker dapat memanfaatkan keberadaan auditor untuk saling bertukar pikiran.

 

Selengkapnya dapat dilihat di instagram kita https://www.instagram.com/tv/CPZe75HJLmm/?utm_source=ig_web_copy_link





Salin Tautan :




test

LAINNYA
“Emang Boleh.. ASN se-Frugal dan se-Minimalist Living Itu? (Solusi Menikmati, Mensyukuri dan Menghargai Kehidupan)”

Kategori :

Hi #Itjeners! Di era sekarang ini, siapa sih yang gak tau istilah gaya hidup yang lagi Hits a.k.a kekinian Frugal Living dan Zero Waste? Mimin yakin sebagaian besar sudah...


Hari Bakti Rimbawan ke-41

Kategori :

Jakart, 22 Maret 2024 -- Hari Bakti Rimbawan ke-41 disambut dengan semangat yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan. Acara Bakti Sosial yang diadakan untuk merayaka...


Aksi Bersih Negeri di Pulau Kemaro

Kategori :

Palembang – Ratusan masyarakat yang merupakan perwakilan beberapa kalangan mengikuti aksi bersih-bersih serentak dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 202...


id_folder : -----n