Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia

Hadirkan Petinggi KPK, KLHK Gelar Rakor Pengawasan Intern

Selasa, 9 April 2019

Dibuka Menteri LHK Siti Nurbaya

Hadirkan Petinggi KPK, KLHK Gelar Rakor Pengawasan Intern
itjen klhk
Inspektur Jenderal (Irjen) KLHK, Dr. Ir. Ilyas Asaad, MP, MH.

Itjen (9 April 2019) -- Sebanyak 684 orang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa (9/4/2019). Peserta merupakan para pejabat Eselon I, II dan III Lingkup KLHK, kepala dinas provinsi yang membidangi LHK, inspektur provinsi, kepala UPT lingkup LHK, dan auditor KLHK.

Rakor Intern KLHK yang berlangsung sehari itu mengambil tema "Melalui Pengawasan Intern, Kita Tingkatkan Efektivitas Penyelenggaraan SPIP Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan (Governance) yang Bersih dan Melayani".

Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal (Irjen) KLHK, Dr. Ir. Ilyas Asaad, MP, MH. mengatakan, Rakor Pengawasan Intern diadakan untuk membangun sistem pengawasan internal yang efektif, profesional dan berintegritas guna mendukung pencapaian kinerja program strategis KLHK.

"Sedangkan tujuan penyelenggaraan rakor pengawasan internal ini adalah mendorong peningkatan maturitas SPIP KLHK dari Level 3 menuju Level 4, menjadikan seluruh satker KLHK yang berklasifikasi wilayah bebas korupsi (WBK) menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), mempertahankan opini WTP yang telah dicapai pada laporan keuangan tahun 2017, serta menyampaikan capaian hasil kerja pengawasan dalam kurun waktu 2015-2019," beber Ilyas.

Rakor dibuka dengan arahan Menteri LHK, Siti Nurbaya terkait peranan pengawasan intern dalam mewujudkan pencapaian sasaran strategis serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas KLHK. Selain itu ada juga dua narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan menyampaikan tentang "Pengembangan Whistle Blowing System (WBS) Dalam Rangka Memperkuat Upaya Pencegahan Korupsi".

Selanjutnya, Anggota IV Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI akan menyampaikan materi "Efektivitas Pencapaian Kinerja Melalui Pengelolaan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel Dalam Upaya Mempertahankan Opini WTP". Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari Kepala BPKP kepada Menteri LHK atas kinerja pencapaian maturitas SPIP Level 3 dan kapabilitas APIP Level 3.

Pada sesi kedua, dipandu Menteri Siti, dua narasumber yang dihadirkan adalah KEPALA BPKP yang menyampaikan materi  "Peningkatan Kinerja KLHK Melalui Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 4 -- Terkelola dan Terukur", dan Irjen KLHK dengan materi "Hasil Pengawasan Intern Tahun 2018".

Sebagai penutup, pada sesi ketiga, dua narasumber yang hadir adalah Ketua AAIPI yang saat ini dijabat Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan dengan materi "Membangun APIP yang Berintegritas dan Profesional", dan Dirjen Kekayaan Negara yang menyampaikan materi "Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang Efektif).

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR


© 2019 ITJEN KLHK RI